Sabtu, 26 November 2011

Merubah Kode Perintah dalam AutoCad

Pada Postingan sebelumnya kita sudah membahas masalah Kode perintah dalam AutoCad, dan dalam kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara merubah kode tersebut.
Dalam mengoprasikan AutoCad ada beberapa cara untuk menginput perintah-perintah ada yang memakai perintah dengan menampilkan icon-icon toolbar tetapi ada juga yang memakai perintah keyboard.
Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas sebagian kecil dari perintah yang menggunakan keyboard. Dalam pengoprasianya perintah-perintah untuk menjalankan AutoCad kita ketik malalui keyboard misalnya ketika kita mau menjalankan perintah Polyline kita cukup menulis pada comand line dengan kode "PL" kemudian tekan enter maka kita akan masuk pada perintah pembuatan garis Polyline.
Biasanya perintah-perintah tersebut sudah didefault dalam program AutoCad, tetapi mungkin teman-teman semua ada yang kerasa perintah-perinta tersebut kurang prektis atau sedikit ribet. Nah... kali ini kita akan membahas bagaimana caranya untuk mengubah perintah-perintah tersebut agar sesuai dengan keinginan kita, yang jelas biar lebih simple.
langsung saja:
1. Buka prgram AutoCad kemudian masuk ke menu Tool>Customize>Edit Programe Parameters (Acad.pgp)

2. Setelah itu akan muncul sebuah text dalam Notepad yang berisi kode kode perintah AutoCad
3. Cari kode perintah yang akan dirubah misalnya akan merubah perintah copy yang seharusnya "CO" akan kita ganti menjadi "C" saja dengan konsekuensi kita harus merubah pula kode "C" untuk perintah Circle dengan kode yang lain misalnya kode "CI" atau yang lainya karena tidak boleh ada perintah yang sama untuk menu yang berbeda.




4. Setelah selesai merubah apa yang kita inginkan untuk dirubah kebudian simpan Notepad tersebut dengan cukup menekan Control+S saja jangan di saveAs.

Silahkan bagi yang ingin mencobanya semoga berhasil..............................

0 komentar:

Posting Komentar

Anda sopan kami segan